Titik Panas, Titik Api, Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan

Untuk Mengetahui gambar informasi sebaran titik panas atau hotspot atau titik api yang mungkin berasal dari kebakaran hutan atau lahan di Indonesia saat ini/sekarang/terkini atau harian  silahkan "menzoom in" gambar interaktif  indo fire dari satelit MODIS di bawah ini, .



terimakasih telah bersabar menunggu loading penampakan gambar citra satelit, jika gambar tidak muncul mungkin sedang terjadi gangguan, saran saya lihat kembali nanti

Titik Panas atau Hotspot adalah:
"Indikator Kebakaran hutan yang mendeteksi suatu lokasi yang memiliki suhu relatif tinggi dibandingkan suhu disekitarnya". (Pasal 1 angka 9 Permenhut No. P 12/ PMenhut-II/ 2009).

Melalui Proyek Fire Watch Indonesia sebuah proyek kolaborasi Indonesia dengan Australia, antara Departemen Kehutanan Indonesia, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Departemen Lingkungan, dengan Departemen Pemerintahan Australia AusAID dan Departemen Pemerintahan Western Australia Landgate telah menyediakan informasi penting pemantauan kebakaran melalui sistem pengantaran data berbasis web, dinamakan IndoFire.

Sistem ini akan menyediakan akses gratis dan terbuka kepada pihak yang berkepentingan termasuk perwakilan sektor swasta dan umum Berdasarkan Firewatch System Landgate, sebuah sistem pengawasan titik panas/kebakaran yang mencakup seluruh Indonesia, dibangun dan diinstal untuk menghasilkan informasi pemantauan titik panas sebagai upaya penanggulangan kebakaran yang efektif. Informasi yang dihasilkan memungkinkan deteksi awal kebakaran.

Sistem ini akan menghasilkan informasi pemantauan kebakaran yang sangat berharga untuk seluruh Indonesia, termasuk pemantauan kebakaran yang sedang aktif dalam waktu yang cukup nyata, menggunakan sensor satelit MODIS (Moderate-resolution imaging spectroradiometer) pada satelit Terra dan Aqua.

Set data pemetaan daerah kebakaran dapat diperoleh dan dianalisa secara periodik (Time Series Analysis)  untuk mengenali asal mula kebakaran dan menelusuri penyebarannya. Adanya informasi ini akan membantu perkembangan strategi dan kebijaksanaan untuk mengurangi kejadian dan tingkat bahaya kebakaran.

Untuk mengetahui potensi:
TERJADINYA KEMUDAHAN KEBAKARAN HUTAN;
TINGKAT KESULITAN PEMADAMAN KEBAKARAN HUTAN;
saat ini dan tiga hari kedepan dari analisa Paerameter cuaca silahkan KLIK DISINI


Artikel Terkait

1 komentar so far

kasnank@gmail.com delete 3 April 2011 20.27

Mas kalau bisa koordinat titik api ditampilkan agar mudah diolah dengan perangkat gis


EmoticonEmoticon