BURUNG DILINDUNGI (BAGIAN II)


Burung Kuau (Argusianus argus)
Burung Kuau (Argusianus argus)
Burung Kuau (Argusianus argusmenupakan burung langka dan dilindungi dengan ciri ciri mempunyai bulu berwarna coklat kemerahan dan kulit kepala berwarna biru. Burung jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 200cm. Di atas kepalanya terdapat jambul dan bulu tengkuk berwarna kehitaman. Burung jantan dewasa juga memiliki bulu sayap dan ekor yang sangat panjang, dihiasi dengan bintik-bintik besar menyerupai mata serangga atau oceli. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan, panjangnya sekitar 75cm, dengan jambul kepala berwarna kecoklatan. Bulu ekor dan sayap betina tidak sepanjang burung jantan, dan hanya dihiasi dengan sedikit oceli.

Burung Bangau Hitam/Sandanglawe (Ciconia episcopus)

burung bangau hitam (Ciconia episcopus)
Bangau Hitam atau sandang lawe mempunyai tubuh berukuran cukup besar. Panjang tubuhnya mencapai 86 cm. Mahkota berwarna hitam berkilap. Dahi dan alis kecil putih. Seluruh leher berbulu seperti kapas putih. Sayap dan ekor hitam berkilau. Dada bergaris dan paha hitam. Perut bawah dan ekor bawah putih. Kulit muka abu-abu. Iris mata berwarna coklat. Paruhnya hitam dengan ujung berwarna merah. Dan kakinya berwarna merah buram.

Burung Junai (Caloenas nicobarica)

Burung Junai (Caloenas nicobarica)
Burung Junai (Caloenas nicobarica)
Burung Junai atau Burung Mas atau dalam nama ilmiahnya Caloenas nicobarica adalah sejenis merpati berukuran sedang,  Burung Junai memiliki bulu berwarna keabuan dilapisi dengan hijau keemasan mengkilap di bagian leher, mantel, punggung dan sayapnya. Bulu leher dan sayap memanjang. Paruhnya berwarna hitam dengan sedikit benjolan dipangkalnya. Jantan dan betina serupa. Burung dewasa memiliki ekor pendek berwarna putih, kaki abu-abu dengan cakar kuning. Burung muda berwarna kehitaman dengan bulu leher pendek dan kaki kecoklatan. Burung dilindungi undang undang  ini banyak ditemukan dan berkembang biak di pulau yang tidak dihuni oleh manusia. Burung Junai emas bersarang di atas pohon atau semak, dengan ketinggian antara dua sampai duabelas meter dari permukaan tanah. Sarangnya terbuat dari ranting-ranting yang di tata tidak beraturan. Burung betina biasanya menetaskan sebutir telur berwarna putih, yang dierami oleh kedua induknya. Junai  adalah terestrial spesies. Burung ini banyak menghabiskan waktunya di permukaan tanah, mencari makanan. Pakan burung Junai  terdiri dari aneka biji-bijian, buah-buahan yang jatuh di tanah dan berbagai jenis hewan kecil.

Burung Matahari (Crocias albonotatus)


Burung Matahari (Crocias albonotatus)
Burung Matahari (Crocias albonotatus)
Burung Matahari (Crocias albonotatus) atau dikenal juga dengan burung cica matahari merupakan jenis burung langka dan dilindungi endemik Indonesia yang tinggal di dataran tinggi propinsi Jawa Barat sekitar TN Gunung Gede Pangrango.

Klasifikasi ilmiah: Kingdom: Animalia, Phylum: Chordata, Class: Aves, Order: Passeriformes, Family: Leiothrichidae, Genus: Crocias, Species: C. albonotatus, Binomial name Crocias albonotatus (Lesson, 1832) Gambar: orientalbirdimages.org

Pergam Raja (Ducula whartoni)

Pergam Raja (Ducula whartoni)
Pergam Raja (Ducula whartoni)
Sekilas penampakan dan warna pergam raja mirip dengan burung dara megan.
Klasifikasi ilmiah burung Pergam Raja:
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Columbiformes
Family: Columbidae
Genus: Ducula
Species: D. whartoni
Binomial name Ducula whartoni (Sharpe, 1887)

Kakatua Gofin (Cacatua goffini)

gambar burung dilindungi jenis Kakatua Gofin (Cacatua goffini)
Kakatua Gofin

Kakatua gofin (Cacatua goffini), adalah burung dilindungi endemik dari hutan kepulauan Laut Banda di Indonesia. Panjang Burung sekitar 30 cm dari kepala hingga ekor,  paruh berwarna abu-abu pucat. Kakatua goffin memiliki jambul Tubuhnya tertutup oleh bulu-bulu putih, dengan bulu berwarna salmon atau merah jambu di antara paruh dan mata. Bagian dalam (proksimal) dari bulu jambul dan bulu leher juga berwarna salmon, namun pewarnaan disini tersembunyi oleh warna putih yang bagian terdapat di permukaan (distal) bulu-bulu itu. Bagian dalam bulu sayap dan ekornya menunjukkan warna kekuningan. Antara matanya berwarna antara coklat hingga hitam.

Itik Liar (Cairina scutulata)

gambar burung dilindungi jenis Itik Liar (Cairina scutulata)
Itik Liar (Cairina scutulata)

Itik Liar (Cairina scutulata) 
Itik Liar atau Bebek rimba juga dikenal dengan nama Serati, Mentok rimba, Mentok Hutan, Bebek hutan atau Angsa hutan, penampakannya mirip dengan mentok peliharaan, memiliki panjang tubuh (dari paruh hingga ke ujung ekor) sekitar 75 cm. Tubuh umumnya berwarna gelap atau kehitaman, dengan sisi bawah sayap (ketika terbang) berwarna putih. Kepala dan leher putih  dengan bintik-bintik kehitaman. Paruh dan kaki kekuningan atau jingga kusam. Tidak seperti mentok peliharaan, tak ada lingkaran merah di sekeliling mata. 

Kasuari

gambar burung dilindungi jenis Kasuari (Casuarius casuarius)
Kasuari (Casuarius casuarius)
gambar burung dilindungi jenis Kasuari Kecil (Casuarius bennetti)
Kasuari Kecil (Casuarius bennetti)


Kasuari Gelambir Satu  (Casuarius unappendiculatus)

Terdapat 3 spesies burung Kasuari yaitu: Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius), Kasuari gelambir satu/ kasuari leher kuning (Casuarius unappendiculatus),  dan Kasuari Kecil (Casuarius bennetti). yang keberadaannya dilindungi undang undang.

Burung Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) dewasa berukuran besar, dengan ketinggian mencapai 170 cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru dan terdapat dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya. Di atas kepalanya terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecoklatan. Burung betina serupa dengan burung jantan, dan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan.Burung Kasuari mempunyai kaki yang besar dan kuat dengan tiga buah jari pada masing-masing kakinya. Jari-jari kaki burung ini sangat berbahaya karena diperlengkapi dengan cakar yang sangat tajam.  burung Kasuari Gelambir-ganda tidak dapat terbang. Burung Kasuari biasanya hidup sendiri, berpasangan hanya pada waktu musim berbiak. Anak burung dierami dan dibesarkan oleh burung jantan.Kaki burung Kasuari sangat panjang dan kuat. Kaki ini menjadi senjata utama burung langka dan dilindungi ini. 

Kasuari Kecil (Casuarius bennetti) Sesuai dengan namanya, kasuari ini merupakan jenis kasuari yang paling kecil jika disbanding jenis yang lain. Gelambirnya tidak menggantung di leher seperti jenis lainnya. Bulu berwarna biru cerah pada leher dan hitam di bagian tubuh. Tanduknya pipih dan tidak sebesar pada kasuari lain

bersambung...












Artikel Terkait

1 komentar so far

apakah burung merak dan elang termasuk gn?
terimakasih ;)


EmoticonEmoticon